Ditulis oleh Redaksi Pringsewu on . Dilihat: 158

Dasar Hukum: Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor : 9 Tahun 2016

tentang Pedoman Penanganan Pengaduan ( WHISTLEBLOWING SYSTEM) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya.

Bagi para pencari keadilan yang merasa tidak puas atau dirugikan atas pelayanan kami, dapat menyampaikan kepada kami :

ALAMAT :

Jalan Pelita I Kel. Pringsewu Timur Kec. Pringsewu Kabupaten Pringsewu
Telepon: (0729) 7082841;  Kode Pos : 35373

dengan ketentuan sebagai berikut :

SYARAT PENGADUAN

Pengadu/ Pelapor harus mencantumkan dan memiliki:

  1. Identitas jelas, meliputi: nama, Email, alamat dan kontak person / nomor handphone / nomor telepon .
  2. Menyampaikan/ membawa/ melampirkan data serta bukti-bukti yang dapat dipertaggungjawabkan secara hukum.

Hal-hal yang perlu diadukan dan yang akan diproses dalam menu Pengaduan di Pengadilan  adalah sebagai berikut :

  • Pelayanan
    1. Pelayanan proses berperkara di Pengadilan Agama;
    2. Pelayanan persidangan di Pengadilan Agama;
    3. Mal administrasi yaitu terjadi kekeliruan, kesalahan atau kelalaian yang bersifat adminstrasi;
  • Pelanggaran
    1. Pelanggaran disiplin kerja pegawai Pengadilan Agama;
    2. Pelanggaran  pelaksanaan tugas pejabat Pengadilan Agama;
    3. Perselisihan/pertengkaran yang menyangkut petugas / pegawai pengadilan;
    4. Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja atau kelalaian dan ketidakpahaman;
  • Pungutan Liar
    1. Pungutan Liar oleh Petugas di kantor Pengadilan Agama;
    2. Pungutan Liar oleh Petugas di Luar Kantor Pengadilan Agama.

LAYANAN PENGADUAN

Seluruh pengaduan yang berkenaan dengan persoalan tersebut di atas dapat disampaikan melalui beberapa cara, antara lain:

  1. Datang langsung ke Pengadilan Agama Pringsewu pada setiap hari Senin s/d Kamis pukul 08.00 s/d 16.30 WIB ; dan Jumat pukul 07.30 s/d 16.30 dan mengadukan persoalan baik secara langsung (berbicara) atau tertulis yang di tujukan kepada Ketua Pengadilan Agama Pringsewu dengan menjelaskan dan sedapat mungkin membawa bukti-bukti yang dapat menguatkan aduannya tersebut. Apabila pengaduan dikirim melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah surat pengaduan dengan menulis kata“PENGADUAN PADA PENGADILAN .........” di bagian kiri atas amplop ;
  2. Melalui telepon di (0729) 7082841
  3. Menyampaikan pengaduan melalui email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  4. Melalui kotak saran yang terpasang di ruang PTSP kantor Pengadilan Agama Pringsewu.

PENERIMAAN PENGADUAN

  1. Pengadilan Agama Pringsewu akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Pengadilan Agama Pringsewu akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  3. Pengadilan Agama Pringsewu akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.
  4. Pengadilan Agama Pringsewu hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor, dan jika akan di-publikasikan indentitas pelapor akan di rahasiakan / privacy.
  5. Pelapor sedapat mungkin menyantumkan identitas dan mengirimkan atau menyertakan bukti yang dapat menguatkan adannya tersebut.namun demikian selama infromasi dalam pengaduan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan tersebut akan tetap di tindak lanjuti walaupun tidak mencantumkan identitas ( 076/KMA/SK/VI/2009 Bab VIB poin 2 )
  6. Setiap data dan identitas yang diberikan oleh pelapor akan dirahasiakan.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Pringsewu

Jl. Pelita I, Pringsewu Timur, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35373

Provinsi Lampung.

Telp :  +62729 7082841

Faks:  +62729 7082841

Email :    Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

       

Tautan Aplikasi Internal